Ini merupakan kunjungan pertama saya bersama istri dan anak bungsu kami ke kota Padang, dan pilihan menginap di Savali melalui Agoda merupakan pilihan ...
John Howard, Indonesia, 25 Jan 2014
Hayam Wuruk No. 31-33. Padang - Indonesia
T. +62 751 - 27660 | F. +62 751 - 23262
E-Mail : [email protected]
Online Support : Send WA Msg
Follow Us Agoda Page
 
Welcome Guest, Sign In | Sign Up
Tampilkan dalam bahasa Indonesia View in English  
SAVALI HOTEL | Second Home for Everyone
Holiday in Padang
 

Istana Pagaruyung - Batusangkar

Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat. 

 
Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika. Istano Basa asli terletak di atas bukit Batu Patah dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian dibangun ulang namun kembali terbakar tahun 1966.

Pada tanggal 27 Februari 2007, Istano Basa juga mengalami kebakaran hebat akibat petir yang menyambar di puncak istana. Akibatnya, bangunan tiga tingkat ini hangus terbakar. Ikut terbakar juga sebagian dokumen, serta kain-kain hiasan. Diperkirakan hanya sekitar 15 persen barang-barang berharga yang selamat. Barang-barang yang lolos dari kebakaran tersebut sekarang disimpan di Balai Benda Purbakala Kabupaten Tanah Datar.

Istano Basa Pagaruyung bertingkat tiga dengan 11 gonjong atau puncak atap setinggi 60 meter dengan atap dari ijuk. Dinding Istana penuh dengan ukiran yang penuh dengan falsafah khas Minangkabau.


Sementara di ruang tengah dipamerkan berbagai benda bersejarah seperti keramik peninggalan kerajaan Pagaruyung dan berbagai benda kerajinan tangan dari Minang. Uniknya, semua tonggak yang menyangga bangunan ini dibuat miring yang tentunya agak bertentangan dengan teori arsitektur yang ada, tapi tidak mengurangi kekokohan bangunan itu sendiri.

Selain itu, di bagian halamannya, bangunan istana ini juga dilengkapi dengan bangunan surau, "Rangkiang Patah Sembilan" (yang berfungsi sebagai tempat penyimpan hasil panen), dua rumah "Tabuah" (untuk memanggil warga), serta “Pincuran Tujuh” (kolam tempat mandi dan mencuci).

 
Pagaruyung menyiratkan nama sebuah kerajaan Minangkabau yang pernah berkuasa di wilayah tengah Sumatera. Wilayah kekuasaan politik Pagaruyung merupakan wilayah yang budaya Minangkabaunya berkembang.
 
 
Istana ini dilatarbelakangi oleh panorama Gunung Bungsu yang merupakan tempat wisata, sangat cocok untuk camping dan hiking.

Objek wisata ini mudah dijangkau oleh sarana transportasi baik roda 2 maupun roda 4 serta kendaraan tradisional Bendi yang ada di kota Batusangkar.

 

.........................................................................................................................................................
Make Reservation Now
 
Our Facilities
Holiday in Padang
 
See What's Happen in Savali
Hotel's Photo Gallery
 
About Us
Contact Us
 
 
 
 
LOGIN
Username:
Password: